Tuesday, November 1, 2016

Price MUA vs Salon Rumahan?

Hi, All.

Pendapat pribadi dan tidak bermaksud menyinggung, menjelekan, ataupun merugikan pihak manapun.

Banyak orang yang ‘membandingkan’ antara harga makeup di salon dan harga MUA, kenapa harga MUA lebih mahal ketimbang harga makeup di salon? Banyak MUA terlebih yang sudah punya nama (dan skill khususnya) mematok harga tinggi untuk sekali menggunakan jasanya.

Jujur saya, saya tipe MUA yang sedang mencari nama, harga saya masih terbilang rendah dibandingkan MUA yang lain dengan pemakaian produk yang sama. Kenapa sih harga MUA berbeda dengan harga salon?

1.      Skill yang Bermodal
MUA yang baik, pasti setidaknya memiliki skill yang baik dan kebanyakan mereka pasti menempuh pendidikan atau setidaknya kursus yang pasti menguras waktu, tenaga, dan pastinya uang. Kursus ditempat yang oke/baik pasti harganya tidak murah. Hal ini yang kadang orang luar tidak tahu, yang mereka mengerti hanya ‘teplok-teplok’ bedak, pulas eyeshadow, pasang bulumata dan lipstik. Padahal, tekniknya jauh dari sekedar itu. MUA yang baik pasti ingin klient dan customernya puas dengan hasilnya dan perlu diketahui bahwa setiap struktur wajah orang itu berbeda, dan berbeda pula tekniknya. Pengalaman saya kalau di salon, mereka tidak menerapkan hal itu. Semua dipukul rata, mau sipit, mau bulat, mau berjerawat, mau berminyak/kering semua tekniknya sama. Mungkin ada beberapa salon yang tidak seperti itu, tapi coba dech compare harganya. See?




2.      Product
Salon memiliki kerjasama dengan brand tertentu, atau mereka akan cari produk yang murah dengan kualitas standard demi mengejar harga. 



Boleh sih. Saya bukan bilang saklek ga boleh, saya juga kadang begitu kalau dapet klient yang low budget. Maksud saya di sini, kalau dengan MUA, customer bisa request produk yang ingin mereka pakai tentunya dengan penyesuaian harga dan perlu diingat rata-rata MUA yang saya tahu, selalu pakai brand tertentu dengan kualitas yang diatas rata-rata. Minimal mereka selalu mengunakan produk lokal yang high end.




3.      Service
We will come to your place. MUA yang saya kenal selalu datang ke tempat customer, sehingga menghemat waktu. Yah, kalau tempatnya jauh pastilah kena biaya transport, wajarlah, kita tuh bawa beauty case dan peretelannya yang tidak sedikit. Service lainnya adalah konsen akan kebutuhan per client. Pernah liat salon yang bisa makeup 20 orang sekaligus? Nah, yakin hasilnya oke per setiap orangnya? Makeup itu butuh ketelatenan, makanya take time and effort. Jujur saja, saya sendiri suka capai kalau sudah handle lebih dari 5 orang sendiri, hasilnya jadi kurang oke. Makanya biasanya MUA saling kerjasama bila ada customer yang ber-group/kelompok, supaya hasilnya bisa maksimal per klient.


Mungkin masih banyak lagi kelebihan yang lain, tapi bukannya saya tidak suka atau menjelekan hasil makeup salon. Banyak koq makeup salon yang bagus dengan kualitas oke, tapi jujur aja harganya juga lebih mahal.

Yang saya sayangkan, kadang customer/klient suka tidak mengerti dan menawar dengan harga yang diluar batas. Sedih rasanya, hasil karya dihargai murah padahal effort yang dikeluarkan tidak murah. Untuk ongkos transport saja kadang hasilnya malah remis/seri, tanpa ada untung, padahal harga foundie, bedak, bulu mata, dan lainnya itu sudah mahal.



Postingan ini hanya pendapat saya pribadi, mungkin bisa mengubah mindset atau cara pandang orang luar terhadap MUA dan jangan tanya kenapa harga di salon itu lebih murah. Hal ini supaya kami MUA lebih dihargai, banyak yang menggantungkan hidup dengan profesi ini. Semoga ini bisa menginspirasi kalian.


Regards and Love,
F.


Share:

0 comments:

Post a Comment